hal yang paling penting adalah bukanlah SIAPAKAN KAMU tetapii APA YANG SUDAH KAMU LAKUKAN



Minggu, 08 April 2012

Analisis Film Unstoppable Marriage berdasarkan PSIKOLOGI KELUARGA

Sinopsis Unstoppable Marriage:
Eun-ho, putri dari Ji-man seorang ahli dalam dunia feng shui yang hidup dengan penuh aturan tradisi. Sedangkan Ki-baek, putra tunggal dari Mal-nyon yang merupakan pimpinan dalam Kangnam-gu, yang hidup dengan gaya modern serta kebarat-baratan. Hingga suatu ketika Ki-baek mengalami kecelakaan kecil saat mengendalikan paraglider. Mereka tumbuh dan tinggal dalam latar belakang yang berbeda dan mereka selalu bertengkar seperti kucing dengan anjing. Meskipun mereka saling membenci, di saat yang sama mereka mulai jatuh cinta. Persoalan mereka sekarang adalah bagaimana meyakinkan keluarga agar dapat menerima cinta mereka.
Analisis:
Dalam film unstoppable marriage terdapat 2 keluarga yang memiliki gaya hidup yang berbeda dimana Eun-ho, putri dari Ji-man seorang ahli dalam dunia feng shui yang hidup dengan penuh aturan tradisi. Sedangkan Ki-baek, putra tunggal dari Mal-nyon yang merupakan pimpinan dalam Kangnam-gu, yang hidup dengan gaya modern serta kebarat-baratan.Jika dilihat dari urutan kelahiran, Eun Ho merupakan anak tunggal dari Ji-man sedangkan KI baek adalah anak kedua dan mereka berdua memiliki orang tua dengan status single parent.berdasarkan 2 hal tersebut, saya akan membahasa masing-masing keluarga.

Pertama Eun – ho,putri dari Ji-Man dimana dia merupakan anak tunggal. Anak tunggal adalah anak yang tidak memiliki saudara laki-laki ataupun saudara perempuan, dimana ibunya hanya melahirkan satu kali, merupakan satu-satunya anak di dalam keluarga (Laybourn, 1990 dalam Laybourn, 1994). serta Pandangan negatife pada masyarakat bahwa anak tunggal adalah anak yang bermasalah menurut Ronald Illingworth (1976 dalam Laybourn, 1994), seorang Professor of Child Care di Sheffield University mengatakan bahwa anak tunggal tidak siap dalam menghadapi masa sekolah dan masa dewasa. Pandangan negatif mengenai anak tunggal juga ditunjukkan oleh G. Stanley Hall. Ia mengatakan bahwa anak tunggal biasa menuntut dan mendapatkan perhatian berlebihan dari orang tua sehingga tidak mampu menyesuaikan diri dengan baik serta memiliki keterbatasan dalam menghadapi lingkungan sosialnya: ”being an only child is a disease in itself… because of the undue attention he demands and usually receives, we commonly find the only child jealous, selfish, egotistical, dependent, aggressive, domineering, or quarrelsome” (Hall dalam Polit, Nuttall, & Nuttall, 1980:99).Bila dilihat dari Euo Ho dalam film Unstoppable marriage merupakan seorang pribadi dewasa yang mandiri, pekerja keras serta mampu menerima tanggung jawab terhadap tindakkan yang dilakukannya serta mampu mengambil keputusan sendiri dan seorang yang sangat mematuhi orang tuanya yaitu ayahnya.sehingga tidak terlihat seorang yang manja dan suka tergantung kepada orang lain seperti orang tua sehingga pandangan negatif yang biasanya tidak tampak pada diri Eun Ho sebagai anak tunggal, sehingga pola pengasuhan dari orang tua yang baik dalam mengajarkan anaknya sehingga tumbuh menjadi sosok anak yang dewasa tanpa ketergantungan pada orang tua walapun dia merupakan anak tunggal.selain itu ayahnya yang seorang single parent, mampu membesarkan anaknya sendiri sehingga menjadi anak yang tumbuh dewasa dan mandiri serta sosok yang tegas dalam berperilaku walaupun tanpa pola asuh dari seorang ibu tidak menjadi sebuah masalah atau gangguan dalam kepribadian Euo Ho.
Kedua Ki baek, yang satu ini seorang anak laki-laki yang merupakan anak kedua dari 2 bersaudara dari Mal-nyon yang merupakan pimpinan dalam Kangnam-gu, yang hidup dengan gaya modern serta kebarat-baratan serta seorang single parent sama seperti ayah Euo Ho.Menurut Adler mengatakan anak kedua berada dalam posisi yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan anak pertama. Sebuah situasi yang mungkin tidak bisa dibandingkan dengan urutan kelahiran lainnya. Sejak lahir, ia sudah harus berbagi perhatian dari orang tua dengan kakaknya. Anak kedua selalu melihat bahwa di depan ia ada anak lain yang lebih dari dirinya (baik dalam hal usia maupun proses perkembangan). Akibatnya anak kedua selalu berusaha memacu dirinya untuk bisa menyamai.Selain itu, tingkah laku anak kedua sangat mudah dikenali. Ia tampak seperti seseorang yang berada dalam sebuah pacuan dan jika ada orang yang masuk pacuan dan berada di depannya, ia akan berusaha keras mengalahkannya. Ia selalu penuh energi dan ingin menyalip siapa pun yang ada di depannya.
Hal tersebut tampak terlihat dari karakter Ki baek dimana dia tidak mau tersaingin sehingga ingin bisa menyamai dengan apa yang dilakukan orang lain contoh pada saat tanpa sengaja ketika berada didepan rumah Euo Ho seketika ayahny keluar yang mengira bahwa ki baek kekasih Euo Ho sehingga ayahnya menyuruh dia masuk dan diajaknya ki baek mengobrol dengan ayahnya.setelah itu ketika akan pulang Ki baek menerima telepon dari ibunya dan pada saat itu juga Ki baek berbicara dengan ibunya dengan inti pembicaraannya mengundang Euo Ho datang ke rumah Ki baek untuk mengenalkan kepada ibunya serta seorang yang suka dalam hal pergaulan bebas seperti suka datang ke tempat hiburan “klub malam” akan tetapi terlihat seorang laki-laki yang manja serta tergantung pada orang tuanya akan tetapi walaupun begitu kemandiriannya pun terlihat ketika berusaha untuk memperjuangkan cinta pada Euo Ho ketika berhadapan dengan ayah Euo ho.selain itu jika dilihat dari ibunya, Ibu Ki baek adalah seorang single parent dimana hal tersebut diakibatkan oleh ditinggalnya suami akibat perceraian.
Wanita single parent harus pandai membagi waktu, melengkapi statusnya sebagai ayah dan ibu sekaligus. Perannya sebagai ayah, sebagai pemimpin keluarga kecil yang dimilikinya. Kemandirian dalam mengambil keputusan dan membuat kebijakan secara mandiri untuk keluarga kecilnya. Selain itu harus menafkahi kebutuhan hidup dalam keluarganya.Perannya sebagai ibu, sebagai yaitu menjalankan kodratnya sebagai perempuan, meliputi mengasuh dan membesarkan anaknya, serta hal-hal yang ada dalam rumah. Walaupun dalam kondisi bekerja, tetap harus memonitor apa yang terjadi di dalam rumah. Mempersiapkan kemandirian untuk mental si anak juga sangat perlu. Kasih sayang adalah kunci segala-galanya.Jika dilihat dari sosok ibu pada Ki Baek tampak merupakan seorang ibu yang pandai dalam membagi waktu serta kemandiriian dalam menafkahkan kepada kedua anaknya karena dia seorang pengusaha yang sukses walaupun single parent dan awalnya seorang penghasilan menengah kebawah akibat ditinggal suaminy berdasarkan dari cerita pada film Unstoppable marriage serta mampu memberikan pelajaran terhadap peran gender dari keduanya yaitu dari jenis kelamin laki-laki dan perempuan walapun tidak adanya pola asuh dari seorang ayah.
Sesudah masa remaja yaitu masa penemuan identitas sesorang sekaligus mamasuki masa dewasa awal yang ditandai oleh intimitasi vs isolasi, maka seseorang tinggal mengalami dua fase lagi meliputi sebagian besar masa hidupnya Dalam pandangan Erikson, keintiman biasanya menuntut perkembangan seksual yang mengarah pada perkembangan hubungan seksual dengan lawan jenis yang ia cintai, yang dipandang sebagai teman berbagi suka dan duka. Ini berarti bahwa hubungan intim yang terbentuk akan mendorong orang dewasa awal untuk mengembangkan genitalitas seksual yang sesungguhnya dalam hubungan timbal balik dengan mitra yang dicintai.
Kehidupan seks dalam tahap-tahap perkembangan sebelumnya terbatas pada penemuan identitas seksual dan perjuangan menjalin hubungan-hubungan akrab yang bersifat sementara. Agar memiliki arti sosial yang menetap, maka organ genitalia membutuhkan seseorang yang dicintai dan dapat diajak melakukan hubungan seksual, serta dapat berbagi rasa dalam suatu hubungan kepercayaan. Serta dari hal tersebut akan berujung pada suatu hubungan yang lebih serius yaitu penikahan.berdasarkan pada film unstoppable marriage Euo Ho dan Ki baek memasuki tahap perkembanngan pada teori Erikson yaitu fase Intimasi vs isolasi.
Dimana dari awal cerita mereka berdua selalu bertengkar bagaikan kucing dan anjing yang berakhir pada mereka saling mencintai satu sama lain sehingga terbentuknya hubungan yang lebih intim yang akhirnya berujung keinginanan pada pernikahaan.Akan tetapi yang dialami mereka berdua tidak segampang yang dipikirkan ternyata kedua orang tua mereka tidak menyetujui hubungan mereka berdua, yang berawal karena Euo Ho merupakan seorang anak yang berada dalam perekonomian dibawah keluarga Ki baek karena Ibu Ki Baek ingin memiliki menantu yang sederajat dengan diriny sedangkan pada Ayah Euo Ho memandang bahwa Ki baek anak yang bodoh dan kurang tegas dalam berperilaku karena Euo Ho dulu pernah bilang kalau dia ingin mencari pasangan yang seperti ayahny serta kedua orang tuanya akibat dari surat tanah yang dimiliki oleh ayah Euo Ho sehingga mereka berusaha untuk menjauhkan mereka berdua seperti tidak mengizinkan mereka jalan berdua sehingga kemanapun mereka pergi, orang tuanya selalu mengikutinnya dan pada akhirnya hal yang tidak sengaja terjadi ketika ke dua orang tua Euo Ho dan Ki baek sedang mabuk besar yang membuat mereka tidak sadar diri yang memperlihatkan seperti seorang yang sedang berciuman sehingga membuat Euo Ho dan Ki Baek mengira bahwa tidak disetujuiin hubungan mereka akibat karena antar orang tua mereka saling mencintai.sehingga membuat hubungan mereka agak renggang akan tetapi hal tersebut tidak membuat patah semangat yang berakhir kedua orang tua mereka akhirnya menyetujuin hubungan mereka berdua.Hal ini terkadang tampak terlihat pada pengasuhan orang tua kepada anaknya yang sudah mau berajak dewasa tepatnya ingin melanjutkan pada jenjang pernikahan dimana orang tua mengikut campurkan urusan percintaan pada anaknya. Setuju maupun tidak setujunya pasangan hidup yang akan bersama dengan anaknya kelak.sehingga terkadang hal itu berdampak pada anaknya yang merasa dirinya pesimis untuk menikah dengan orang yang dia sayangi.terkadang keegoisan orang tua dalam hal tidak menyetujui hubungan anaknya yang timbul akibat kepentingannya sendiri tanpa memikirkan perasaan yang dirasakan oleh anaknya walapun dalam pikirannya hal yang dilakukannya untuk kebaikan anaknya kelak namun hal tersebut membuat anaknya merasa terisolasi dengan keadaan yang ada.



Sumber :
  1. http://idtesis.com/gambaran-kemandirian-anak-tunggal-dewasa-muda/
  2. http://sosbud.kompasiana.com/2011/11/11/single-parent-struktur-keluarga-dan-kompleksitas-peran/
  3. http://sports.groups.yahoo.com/group/bikersfizik/message/740
  4. http://c3i.sabda.org/perkembangan_masa_dewasa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar