hal yang paling penting adalah bukanlah SIAPAKAN KAMU tetapii APA YANG SUDAH KAMU LAKUKAN



Senin, 13 Juni 2011

ANAK & MEDIA : FILM Teletubbies 10 Happy Birthday Vol. 2 dan games online Pick & Paint

hAy .. Hayy ,, pa kabar smuaaa :D .....

Anak dan media??????.........
Sekarang udh banyak media yang mengajak anak untuk bermain sambil belajar ... bisa dari buku cerita,komik,film serta dengan mengunakan akses internet dari komputer maupun laptop dengan bertujuan untuk mengembangkan kemampuan pada anak dalam kognitif,motorik serta bahasaa.Anak diajak untuk belajar mengenai sesuatu yang berguna seperti mengenai kebersamaan dan proses mengetahui berbagai hal seperti mewarnai dan aktivitas lainnya.


Agar anak merasa tidak jenuh maupun bosan sehingga orang tua dapat mengajarkan anak belajar sesuatu sambil bermain serta terkadang anak memiliki kegemarannya masing-masing ada yang lebih suka membaca atau menonton atau dengan bermain seperti halnya game ....


kita bandingan media mana yg menarik diantara 2 media berikut ini untuk belajar memahami sesuatu... Apakan dengan menonton film FILM Teletubbies 10 Happy Birthday Vol. 2 mengenai anak belajar menari serta olahraga dan ketika mereka pada acara ulang tahun dan satu lagi bermain games online Pick & Paint mengenai mengajarkan anak untuk belajar mewarnai.


Data Umum

Jenis : film

Judul : Teletubbies 10 Happy Birthday Vol. 2

Durasi : 48 menit 39 detik

Tahun : 2008

Jenis : game online di http://www.gameedukasi.com/

Judul : Pick & Paint

(http://www.games.co.id/permainan_/pick--paint.html)

Penyampaian Content

Disajikan dalam bentuk film (dilengkapi dengan music, gambar full color)

Disajikan dalam bentuk games dengan gambar full color serta

Content

Bercerita tentang teletubbies bermain-main, senam/ olahraga, makan kue tubbie, menari, melihat binatang beruang dan singa, melihat anak-anak belajar menari Irlandia, melihat anak-anak merayakan ulang tahun sambil minum teh dan makan biscuit.

Games ini menyajikan sebuah games yang mengajarkan pada anak untuk mewarnai gambar serta berbagai gambar hewan serta tumbuhan.

Tujuan / materi yang ingin disampaikan/ pelajaran yang bias diambil

- Mengenalkan kepada anak tentang kebersamaan

- Mengenalkan kepada anak tentang berolahraga, tarian Irlandia.

- Mengenal binatang (beruang dan singa)

- Mengenalkan pada anak mengenai warna-warna

- Mengenalkan pada anak cara mewarnai

- Mengenalkan pada anak beberapa gambar hewan dan lainnya

Sasaran pembaca/ penonton

- Semua umur namun lebih cocok untuk anak usia prasekolah sampai sekolah dasar

- Cocok untuk laki-laki maupun perempuan

- Game ini sangat cocok untuk anak usia toddler sampai anak usia TK serta SD ,, dari perempuan maupun laki-laki

Pengemasan media (kelebihan dan kelemahan)

Kelebihan:

- Penyampaian pesan atau isi film mudah dipahami oleh anak-anak

- Bahasa yang dipakai mudah dimengerti oleh anak-anak

- Terdapat pengulangan dari setiap kegiatan yang dilakukan, sehingga mempermudah anak untuk meniru, mencontoh atau mengingatnya.

Kekurangan:

- Bagi orang yang lebih besar film ini mungkin membosankan

- Durasi antara pembuka film ke isi pesan yang ingin disampaikan terlalu lama

Kelebihan:

- Games yang diberikan tidak terlalu rumit sehingga memudahkan anak untuk mewarnai

- Banyaknya pilihan warna pada games tersebut sehingga anak dapat memilih warna yg dia suka

- Gambar-gambar yang ada pada games cukup menarik

- Hasil mewarnai gambar pada game ini dapat diprint sehingga hasil karya anak dapat di pajang

Kelemahan:

- Game ini hanya biasa dimainkan apabila ada media computer/laptop yang terpasang oleh internet

Teori yang relevan

- Playmates & friend

Lebih suka bermain dengan anak seumurnya, dimana yang dilakukan dalam berteman: melakukan hal-hal bersama, saling berbagi, saling membantu dan saling menjaga (psychososial development pada usia early childhood)

- Fantasi = realita

Dimana anak berbuat seolah-olah sesuatu yang tidak nyata menjadi nyata. Ex. Minum teh dan makan biscuit saat ulang tahun. (Cognitive Development pada masa early Childhood)

School age (6-11 thn)

- School age (6-11thn) Masa Sekolah (School Age) ditandai adanya kecenderungan industry–inferiority. Sebagai kelanjutan dari perkembangan tahap sebelumnya, pada masa ini anak sangat aktif mempelajari apa saja yang ada di lingkungannya. Dorongan untuk mengatahui dan berbuat terhadap lingkungannya sangat besar, tetapi di pihak lain karena keterbatasan-keterbatasan kemampuan dan pengetahuannya kadang-kadang dia menghadapi kesukaran, hambatan bahkan kegagalan. Hambatan dan kegagalan ini dapat menyebabkan anak merasa rendah diri.(teori erikson)

- Masa kanak-kanak menengah dan akhir (tahun sekolah dasar) dimulai dari sekitar usia 6-11 tahun: anak-anak menguasai keterampilan dasar membaca, menulis, dan pengendalian diri yang semakin baik. (Periode perkembangan dalam Psikologi pendidikan Santrock, 2009).



ANALISI :

Dari kedua media yang diberikan yaitu dengan film serta dengan game online seperti yang kita ketahui pada usia early childhood dalam
psychososial development dan Cognitive Development pada usia early childhood dimana seorang anak sudah mulai yaitu Playmates & friend,Lebih suka bermain dengan anak seumurnya, dimana yang dilakukan dalam berteman: melakukan hal-hal bersama, saling berbagi, saling membantu dan saling menjaga serta anak udh mulai berimajinasi dengan Dimana anak berbuat seolah-olah sesuatu yang tidak nyata menjadi nyata. Seakan fantasi menjadi realita seperti pada film FILM Teletubbies 10 Happy Birthday Vol. 2 seketika acara ulang tahun anak-anak seolah-olah memakan biskuit dan meminum air di cangkir.


Selain itu pada masa sekolah yaitu pada anak usia 6 sampai 11 tahun berdasarkan pada teori Erik Erikson yaitu ditandai adanya kecenderungan industry–inferiority. Sebagai kelanjutan dari perkembangan tahap sebelumnya, pada masa ini anak sangat aktif mempelajari apa saja yang ada di lingkungannya. Dorongan untuk mengatahui dan berbuat terhadap lingkungannya sangat besar, tetapi di pihak lain karena keterbatasan-keterbatasan kemampuan dan pengetahuannya kadang-kadang dia menghadapi kesukaran, hambatan bahkan kegagalan. Hambatan dan kegagalan ini dapat menyebabkan anak merasa rendah diri serta Masa kanak-kanak menengah dan akhir (tahun sekolah dasar) dimulai dari sekitar usia 6-11 tahun: anak-anak menguasai keterampilan dasar membaca, menulis, dan pengendalian diri yang semakin baik.sehingga pada games online Pick & Paint dimana pada games ini anak diajarkan untuk mewarnai pada gambar yang sudah diberikan,anak hanya tinggal memilih warna yang dia inginkan pada bagian-bagian gambar yang akan diberikan warna sangatlah bermanfaat agar pada tahap ini anak dapat belajar untuk mengenai warna dan menyesuaikan dengan gambar yang ada pada games online tersebut agar terlatih keterampilan pada anak serta mengembangkan dirinya dalam belajar serta minat dan bakat yang dia miliki.sehingga pada tahap sekolah tidak mengalami kegagalan dan mengetahui berbagai hal yang yang diberikan pada game online namun dalam bermain perlu adanya bimbingan dari orang tua.

My opinion/ conclusion:

Saya pribadi lebih menyukai Game online “ Pick & Paint ” daripada menonton film Teletubbies 10 Happy Birthday Vol. 2 . walaupun menonton film juga dapat pengetahuan agar anak dapat mencontoh dari pesan yang terdapat pada film tersebut namun dengan game online, anak dapat lebih dapat memahami apa yang dipelajari karena anak dapat langsung memprakterkan apa yang dia pelajari seperti pada game online "Pick & Paink" anak tidak hanya memperhatikan warna serta gambar namun anak dapat menentukan sendiri warna kesukaan dia untuk mewarnai gambar yang telah tersedia beda halnya pada film ,anak tersebut hanya memperhatikan saja tanpa praktek langsung.




NAMA : NADIA WINDI
NIM : 0911230020

1 komentar:

  1. menarik, Nadia. Tapi sayangnya tulisanmu diatas banyak yang hilang sehingga pemahaman saya kurang utuh..

    BalasHapus