hal yang paling penting adalah bukanlah SIAPAKAN KAMU tetapii APA YANG SUDAH KAMU LAKUKAN



Senin, 27 Februari 2012

ANALISIS MY MOM BERDASARKAN PSIKOLOGI DEWASA DAN USIA LANJUT

SINOPSI FILM

MY MOM film yang bercerita tentang kehidupan keluarga misikin yang hidup dipinggiran kota (lebih tepatnya desa) di kota seoul, korea. perjuangan jisuk yang ingin memperbaiki roda nasib keluarganya., sehingga dia berusaha belajar dengan tekun agar menjadi anak yang pintar sehingga bisa mendapatkan cita-citanya. Ibu, Ayah serta kakaknya turut mendukung kearifan jisuk. Ibunya menyekolahkan ia disekolah yang terbaik disana. sampai akhirnya jisuk tumbuh dewasa menjadi wanita yang cantik dan pintar. saat jisuk lulus dan menamatkan sekolahnya, ia kebingungan hendak kemana ia akan meneruskan ijasah SMA-nya. ia pun menyadarai keluarganya miskin dan tak mampu untuk membiayai jisuk kuliah. Mukjizat itu datang! jisuk mendapatkan beasiswa untuk meneruskan studinya ke Universitas seni di kota Seoul, korea. betapa bangga dan bahagianya keluarganya mendengar kabar itu. mereka lantas mempersiapkan segala sesuatu untuk jisuk dan sampai akhirnya mereka menghantarkan jisuk ke stasiun untuk berangkat. suasana haru mulai mewabah disini. sungguh banyak cobaan jisuk. mulai dari percintaan, sampai ke kehidupan dan yang pasti endingnya benar-benar tak kalian duga dan benar-benar menggugah air mata

Analisi berdasarkan pada perkembangan kognitif, psikososial dan fisik

Secara kronologis, orang usia lanjut dapat dikatakan sebagai orang yang telah berumur 60 atau 65 tahun keatas (Kalish, 1975; Bischof, 1976; Hurlock, 1980 Dixon dan Bouma 1976). lanjut lebih ditakuti dibandingkan dengan memasuki usia dewasa madya. Elizabeth Hurlock (1980) mengemukakan bahwa: “penyebab fisik kemunduran ini merupakan suatu perubahan pada sel-sel tubuh bukan karena penyakit khusus tetapi karena proses menua. Kemunduran dapat juga mempunyai penyebab psikologis. Sikap tidak senang terhadap diri sendiri, orang lain, pekerjaan dan penghidupan pada umumnya dapat menuju kepada keadaan uzur, karena terjadi perubahan pada lapisan otak, akibatnya, orang menurun secara fisik dan mental dan mungkin akan segera mati.”Berdasarkan pada film my mom, saya memperkirakan tokoh sebagai ibu jisuk yaitu berusia 60 keatas yang jika dilihat dari perubahan dari sisi perkembangan fisik Secara umum kondisi fisik seseorang yang telah memasuki masa lanjut usia mengalami perubahan, yaitu :

(1) Perubahan penampilan pada bagian wajah, tangan, dan kulit,

(2) Perubahan bagian dalam tubuh seperti sistem saraf, pencernaan

(3) Perubahan indra penglihatan, pendengaran, penciuman, perasa, peraba

(4) Perubahan motorik antara lain berkurangnya kekuatan, kecepatan dan belajar keterampilan baru.

Sehingga jika kita lihat dari tokoh yang menjadi ibu jisuk pada film my mom dimana ibunya tampak terlihat sudah mengalami perubahan fisik dimana perkembangan fisik mulai menurun yang tampak terlihat yaitu kulit mulai berkerut dan kering serta rambut yang menipis serta terlihat agak berwarna putih, bahu yang sudah terlihat agak membungkuk dan tampak mengecil serta dagu yang berlipat dua serta kurangnya kekuatan tubuh yang tampak pada ibu jisuk seperti sakit pinggang dan organ tubuh lainnya sehingga jisuk memberikan nasihat kepada ibunya untuk lebih banyak beristirahat serta diberikan tonik untuk memperkuat pertahanan fisik pada ibunya tersebut. Karena Perkembangan fisik masa dewasa akhir atau usia lanjut, membawa penurunan fisik yang lebih besar dibandingkan dengan periode periode usia sebelumnya. Rentetan perubahan perubahan dalam penurunan fisik yang terkait dengan penuaan, dengan penekanan pentingnya perkembangan perkembangan baru dalam penelitian proses penuaan yang mencatat bahwa kekuatan tubuh perlahan lahan menurun dan hilangnya fungsi tubuh kadangkala dapat diperbaiki seperti memberikan vitamin dan kalsium serta lainnya untuk mengurangi penurunan perkembangan fisik sehingga pada usia lanjut, seseorang dapat beraktifitas seperti biasanya tidak mengalami penurunan seperti lumpuh maupun terkena berbagai macam penyakit.

Selain itu jika kita lihat mengenai perkembangan psikososial pada lansia berdasarkan pada film my mom dimana seseorang harus mulai penyesuaian diri ketika kehilangan pasangan pada usia lanjut serta penyesuaian diri terhadap kesendirian pada usia lanjut yang dapat dilihat pada film my mom, pada saat jisuk sudah beranjak dewasa dan sudah mulai berkeluarga dan tinggal sendiri bersama dengan suaminya pada saat itu ibunya hanya tinggal bersama dengan 1 anak laki-lakinya serta suaminya kemudian pada saat malam hari jisuk mendapatkan kabar dari ibunya bahwa ayahnya telah meninggal sehingga setelah itu ibu jisuk harus mulai menyesuaikan diri terhadap kehilangan suaminya dan menyesuaikan diri dari kesendiriannya tanpa ada suami, berdasarkan pada buku Hurlock dimana tidak dapat disangkal lagi satu dri antara penyesuaian yang dilakukan oleh usia lanjut yaitu penyesuaian yang dilakukan karena kehilangan pasangan hidup.Kehilangan tersebut dapat disebabkan oleh kematian atau percerian.serta mencoba mengatasi masalah yang timbul karena hilangnya pasangan hidup dengan penyesuaian terhadap kesendirian.

Kemudian berdasarkan pada perkembangan kognitif pada usia lansia seseorang secara umum terdapat penurunan kecepatan dalam mencapai kesimpulan, baik induktif atau deduktif. Sebagian dari hal ini merupakan akibat dari sikap yang terlalu hati-hati dalam mengungkapkan alasan, yang cenderung meningkat dengan bertambahnya usia serta Orang berusia lanjut pada umumnya cenderung lemah dalam mengingat hal-hal yang baru dipelajari. Sebagian disebabkan oleh fakta bahwa mereka tidak selalu termotivasi dengan kuat untuk mengingat-ingat sesuatu yang baru, sebagian disebabkan oleh kurangnya perhatian, dan juga pendengaran yang kurang jelas. Berdasarkan pada film my mom dimana terlihat bahwa sering terdapat berdebatan antara anaknya jisuk dimana saling memberikan argumen yang dimana pada akhirnya terjadi suatu pertengkaran namun tidak lama akan baik seperti semula sehingga ibu jisuk mengalami menurunan dalam memberikan masukan kepada anakny sehingga tidak mencapai tujuan yang dia inginkan yang terjadi dia justru berdebat dengan argument yang diberikan oleh anaknya yang berusia dibawahnya dan selalu merasa dirinya yang bersalah akibat dari masa lalu dia yang tidak mengijak bangku sekolah yang terlihat pada saat gagalannya pertemuan dengan pasangan jisuk dalam membicarakan pernikahan akan tetapi hal tersebut dapat diatasi dengan membujuk ibu dari kekasih jisuk s sehingga tidak mencapai tujuan yang dia inginkan yang terjadi dia justru berdebat dengan argument yang diberikan oleh anaknya yang berusia dibawahnya serta pada kemampuan mengingat pada ibu jisuk tampak masih baik dan cenderung belum terlihat menurunan.

sumber :

Hurlock Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi Kelima. Erlangga : Ciracas, Jakarta.


NAMA : NADIA WINDI

NIM : 0911230020


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar