hal yang paling penting adalah bukanlah SIAPAKAN KAMU tetapii APA YANG SUDAH KAMU LAKUKAN



Rabu, 13 April 2011

FILM RAMONA AND BEEZUS - ANALISI BERDASARKAN SOSIOEMOSIONAL "PSIKOLOGI ANAK"



SINOPSI :
Ramona Quimby (Joey King) mungkin tak pernah berniat jahat namun ulahnya selalu saja membuat orang lain jengkel, apalagi Beezus (Selena Gomez). Beezus adalah kakak Ramona yang selalu kena getah dari ulah Ramona. Awalnya Beezus benci sekali pada adiknya ini namun akhirnya Beezus sadar kalau Ramona sebenarnya memang tak pernah berniat jahat.

Bukan hanya sekali atau dua kali saja Ramona membuat jengkel Beezus. Hampir setiap kali ia berhubungan dengan Ramona maka bisa dipastikan hasilnya selalu merepotkan Beezus. Ramona sebenarnya hanyalah seorang gadis cilik yang penuh dengan imajinasi plus energi yang berlebihan dan kombinasi dari dua hal ini memang sudah bisa dibayangkan.

Tak ada yang mengira memang kalau ulah Ramona yang sering merepotkan ini bakal mampu menyelamatkan keluarganya dari perpecahan. Nyatanya, saat seluruh keluarga harus berusaha mati-matian mempertahankan rumah tinggal mereka, ulah Ramona yang usil juga yang akhirnya malah berhasil menyelamatkan rumah mereka.(kpl/roc)

sumber : www.kapanlagi.com


Analisi film Ramona and Beezus berdasarkan aspek sosioemosional

Dalam psikoemosional berdasarkan teori perkembangan kepribadian Erik Erikson.Ramona berada pada tahap yaitu industry vs inferiority.Tahap Masa Sekolah (School Age) ditandai adanya kecenderungan industry–inferiority. Sebagai kelanjutan dari perkembangan tahap sebelumnya, pada masa ini anak sangat aktif mempelajari apa saja yang ada di lingkungannya. Dorongan untuk mengatahui dan berbuat terhadap lingkungannya sangat besar, tetapi di pihak lain karena keterbatasan-keterbatasan kemampuan dan pengetahuannya kadang-kadang dia menghadapi kesukaran, hambatan bahkan kegagalan. Hambatan dan kegagalan ini dapat menyebabkan anak merasa rendah diri.Tugas yang diperlukan dalam tahap ini ialah adalah dengan mengembangkan kemampuan bekerja keras dan menghindari perasaan rasa rendah diri.
Pada lingkungan keluarga Ramona . Terlihat dimana Ramona berusaha untuk mengembangkan kemampuan untuk mempelajari apa saja yang ada dilingkungan dan kemampuan bekerja keras ketika mendapatkan kabar bahwa ayah Ramona dan Beezus harus kehilangan pekerjaannya.dan Ramona berusaha untuk membantu perekonomian keluarganya dari kemiskinan karena harus membayar seperti membayar air yang seperti dikatakan oleh kakaknya beezus sehingga keesokkan harinya Ramona berinisiatif untuk berjualan minum di halaman rumahnya.akan tetapi memang pada tahap usia Ramona dalam mengembangkan kemampuan indurstrynya terkadang anak tersebut menghadapi hambatan maupun halangan seperti pada Ramona yaitu dia mengacaukan hubungan antara kakaknya beezus dengan teman laki-lakinya handry akibat terdapatnya lalat pada es lemon yang membuat beezuz tidak sengaja menyemburkan ke muka handry tidak hanya itu saja kegagalan yang dilakukan oleh Ramona dimana pada saat usaha dia untuk memcuci mobil dengan harga yang cukup mahal,Ramona malahan mengotori mobil itu dengan menumpahkan cat pada mobil tersebut.namun dari semua kegagalan yang dia lakukan dia berhasil yaitu ketika Ramona mendapatkan tugas liburan,Ramona dibantu oleh ayahnya membuat suatu lukisan terpanjang yang dipanjang sekeliling ruang kelasnya.dari hasil lukisan tersebut ternyata ayahnya dapat kembali memdapatkan pekerjaan yang layak.ramona merasa usaha yang dia lakukan akhirnya kali ini tidak mendapatkan kegagalan yang dalam teori erikson berhasil dalam tahap kecenderungan industry.

Dan berdasarkan tahap perkembangan kpribadian Erik Erikson terdapat kecendungan yaitu inferiority yaitu dimana anak dapat mengalami rendah diri akibat dari kegagalan yang dihadapin oleh tingkah laku yang dilakukan anak tersebut,dalam film Ramona and beezus,Ramona pun sempat mengalami inferiority,dimana suatu ketika rumah Ramona yang akan dijual tersebut dikunjungin oleh para pembeli rumah Ramona,tanpa sengaja Ramona terjatuh kebawah karena bangunan kayu yang tidak kuat menompang tubuh Ramona sehingga mengacaukan jual beli pada rumah Ramona tersebut yang akhirnya membuat marah ayahnya dan berkata “Ramona,cukup tingkah lakumu ini harus berhenti,kau membuat hidup kita sulit,kau bilang kau berusaha untuk bertanggung jawab”.dari perkataan ayahnya tersebut Ramona merasa bahwa dirinya tidak diinginkan di keluarga ini yang karena Ramona hanya membawa kekacauan di keluarga sehingga dia merasa gagal dan menjadi rendah diri sehingga dia berinisiatif untuk pergi dari rumahnya yang meninggalkan keluarganya.namun hal tersebut dapat diatasin karena keluarganya mencari Ramona kemana dia pergi yang akhirnya bersatu kembali dan Ramona dapat melewatin masa inferiority dan dia menjadi kebanggaan keluarganya karena sebagai penolong didalam keluarga sehingga Ramona terlihat berhasil dalam tahap industry dari kisah di film Ramona and beezus

1 komentar: