hal yang paling penting adalah bukanlah SIAPAKAN KAMU tetapii APA YANG SUDAH KAMU LAKUKAN



Selasa, 16 Agustus 2011

FILM AN INVISIBLE SIGN - Analisis berdasarkan teori pendekatan psikologi pendidikan

An invisibek sign?????? udh pernah nontonkah?? .,,,,,,
ceritanya baguss dimana sinopsinya

English Review
Mona Gray is a 20-year-old loner who, as a child, turned to math for salvation after her father became ill. As an adult, Mona now teaches the subject and must help her students through their own crises.
Sinopsis Indonesia
Mona Gray adalah penyendiri 20 tahun yang, sebagai seorang anak, berpaling kepada matematika untuk keselamatan setelah ayahnya jatuh sakit. Sebagai orang dewasa, Mona sekarang mengajar subjek dan harus membantu murid-muridnya melalui krisis mereka sendiri.

sumber : http://hendriawan.tk/an-invisible-sign-2011-2/

....................................
berdasarkan pada isi ceritaa ,,,, saya memcoba menjelaskan bagaimana jika film tersebut kita analsis berdasarkan pada beberapa teori pendekatan psikologi pendidikan .... dsini saya mengambil 2 teori pendekatan yaitu teori pendekatan secara behavioral dan secara kognitif serta kemudian kita bandingan antar 2 teori pendekatan tersebut ... okk ... kita mulaiii ,,,,




A. Teori Pendekatan Behavioral

Behaviorisme adalah pandangan yang menyatakan bahwa perilaku harus dijelaskan melalui pengalaman yang dapat diamati,bukan dengan proses mental yang menurut kaum behavioris,perilaku adalah segala sesuatu yang kita lakukan dan bisa dilihat secara langsung contohnya seperti guru tersenyum pada anak dan murid menganggu murid lain.Pendeketan behavioral menekankan bagaimana anak membuat hubungan antara pengalaman dan perilaku.

Teori pendekatan behavioral yang sesuai dengan cerita film An Invisible Sign yaitu mengunakan teori kondisioning operan (operant conditioning) pada B.F Skinner yang dimana penelitian kondisioning operan dilakukan Skinner dengn objek burung merpati.Seekor merpati lapar dimasukkan ke dalam kotak Skinner (skinner box) kotak kecil yang kedap,memisahkan merapi dari lingkungan normal dan memungkinkan peeliuti mengontrol seluruh variasi lingkungan,mengontrol dan mencatat event stimulus dan respon yang terjadi.merapi lapar itu dhadapakan dengna stimulus dinding kotak yang salah satu sisinya ada bintik yang dapat mengeluarkan cahaya merah.setiap kali merpati mematuk bintik itu,keluar makanan dari lubang di bawah bintik itu.

Berdasarkan berbagai percobaannya pada tikus dan burung merpati, Menurut Skinner (J.W. Santrock, 272) unsur yang terpenting dalam belajar adalah adanya penguatan (reinforcement ) dan hukuman (punishment).Penguatan dan Hukuman. Penguatan (reinforcement) adalah konsekuensi yang meningkatkan probabilitas bahwa suatu perilaku akan terjadi. Sebaliknya, hukuman (punishment) adalah konsekuensi yang menurunkan probabilitas terjadinya suatu perilaku. Contoh dari konsep penguatan positif, negatif, dan hukuman (J.W Santrock, 274).pada penguatan positif dimana murid mengajukan pertanyaan yang bagus kemudian guru menguji murid sehingga murid kedepannya akan mengajukan lebih banyak lagi pertanyaan dan contoh hukuman seperti ketika murid menyela kemudian guru menegur murid secara langsung sehingga murid berhenti menyela guru.

Teori pendekatan behavioral Skinner tersebut terlihat pada film In Invisible Sign yang diperankan oleh Jessica Alba yaitu Mrs Gray sebagai guru matematika yang mengajar di kelas 3 Sekolah Dasar.Dimana pada pertemuan pertama di kelas 3 tersebut Mrs Gray mulai mengajar matematika ketika dia menyuruh siswanya untuk memperkenalkan nama dengan angka kesukaan yang kemudian ada siswa laki-laki yang menembakkan kelereng ke temannya yang ada didepan setelah itu Mrs Gray menegur siswa tersebut dengan berkata “Dannya,kau tidak boleh menembak kepala orang. jadi,berdiri di sudut dan menghadap dinding” dsini terlihat bahwa adanya suatu perilaku yang tidak baik atau tidak menyenangkan sehingga mendapatkan konsekuensi berubah hukuman (punishment) sehingga perilaku tersebut tidak diulangin lagi oleh siswa tersebut.dan diperjelas lagi ketika seorang siswi menanyakan kepada Mrs Gray “kenapa dia harus berdiri di pojok menghadap dinding” yang kemudian Mrs Gray menjawab “Yah, itu seharusnya bukan hal yang baik,itu seharusnya menjadi sebuah hukuman” sehingga tampak bahwa Mrs Gray menerapkan teori pendekatan behavioral skinner untuk menertibkan jalannya belajar-mengajar di kelas ,siswa dapat belajar berperilaku dengan baik sehingga tidak mendapatkan hukuman dari yang dia kerjakan.

Kemudian kita lanjutt dengan teori pendekatan secara kognitif ..

B. Teori Pendekatan Kognitif

Pikiran siswa mempengaruhi perilaku dan pembelajaran mereka yang berdasarkan pada teori kognitif sosial dari bandura menyatakan bahwa faktor sosial dan kognitif dan juga faktor perilaku memainkan peran penting dalam pembelajaran. Faktor kognitif mencakup ekspektas mungkin berupa ekspektasi siswa untuk meraih keberhasilan serta ,keyakinan ,strategi, pemikiran dan kecerdasan.

Berdasarkan pada film An Invisible Sign,teori pendekatan kognitf yang sesuai yaitu teori kognitif sosial dari Albert Bandura.Dalam model pembelajaran Bandura,faktor person (kognitif) memainkan peran penting,serta menekankan pada self-efficacy,keyakinan bahwa seseorang bisa menguasai situasi dan menghasilkan hasil positf.Pendekatan perilaku kognitf bertujuan membuat murid memonitor,mengelola dan mengatur perilaku ketimbang dikontrol oleh faktor eksternal.serta berusaha mengubah miskonsepsi murid,memperkuat keterampilan mereka dalam mengatasi masalah,meningkatkan kontrol diri mereka dan mendorong refleksi diri kontruktif.serta dengan metode instruksi diri yaitu teknik perilaku kognitif yang dimaksudkan untuk mengajarkan murid memodifikasi perilaku mereka sendiri.

Metode pembelajaran observasional pada bandura yang juga dinamakan modeling dan imitasi adalah pembelajaran yang ketika seseorang mengamati dan meniru perilaku orang lain.Dalam percobaan boneka bobo,Bandura mengilustrasikan bagaimana pembelajaran observasional dapat terjadi bahkan dengan menyaksikan seorang model yang tidak diperkuat atau dihukum. Faktor penting belajar melalui obserbasi adalah Perhatian,sebelum meniru orang lain,perhatian harus dicurahkan ke orang itu, Representasi,tingkah laku yang akan ditiru,harus disimbolisasikan dalam ingatan, Peniruan tingkah laku model,sesudah mengamati dengan penuh perhatian dan memasukannya ke dalam ingatan lalu bertingkah laku, Motivasi dan penguatan,belajar melalui pengamatan menjadi efektif kalau pembelajar memiliki motivasi yang tinggi untuk melakukan tingkah laku modelnya.

Teori pendekatan kognitif sosial Bandur terlihat pada film In Invisible Sign yang diperankan oleh Jessica Alba yaitu Mrs Gray sebagai guru matematika yang mengajar di kelas 3 Sekolah Dasar.Ketika pertama kali memberikan pelajaran kepada siswa kelas 3, Mrs Gray memberikan sebuah permainan yang dimana menyebutkan nama serta angka kesukaannya dan kemudian 2 orang siswa ditunjuk untuk maju ke depan dan menirukan angka yang disebutkan siswa tersebut dengan tubuhnya yaitu pada Lisa mengatakan angka kesukaannya 7 sehingga dia menirukan angka 7 dan Levan mengatakan angka 1 sehingga dia menirukan angka 1 kemudian Mrs Gray berkata “berapa jumlah dari Levan dan Lisa? Dan dijawablah oleh Lisa angka 8 setelah itu Mrs Gray mengajukan ke siswa siapa yang mau menjadi angka 8 dan menjadi lambing tambah sehingga akhirnya Mrs Gray mengatakan “ini adalah persamaan pertama manusia kita”.

Berdasarkan hal tersebut Mrs Gray dalam system pembelajaran di kelas mengunakan metode pembelajaran yaitu modeling dan imitasi dimana siswa diberikan contoh dengan menyaksikan salah satu temannya untuk menjadi model angka didepan kelas sehingga yang lainnya memperhatikan dan mengamati sehingga memasukkannya ke dalam ingatan mereka mengenai persamaan dalam matematika.selain itu Mrs Gray juga mengunakan alam sebagai model pengingat angka-angka yang dimana pada setiap hari jumat,salah satu dari siswanya berikan pertunjukan di depan kelas dengan memberitahukan dengan angka-angka dengan menyebutkan material dari alam contohnya ketika Lisa mempertunjukan angka nol dengan membuat sebuah lingkaran dari plastik yang dibentuk seperti sebuah mahkota dikepalanya dan menjelaskan mengenai angka 0 tersebut.

Hal tersebut juga terlihat pada guru kimia yang menirukan metode Mrs Gray dimana untuk membantu siswa mengetahui simtom untuk segmen kesehatan sehingga Mr Ben menyuruh siswanya untuk menirukan suatu gejala penyakit seperti pada Levan dia menirukan bagaimana gejala seseorang memiliki penyakit kudis yaitu batuk-batuk dan lainnya kemudian pada Danny dia menirukan gejala yang memiliki penyakit malaria, yang sesuai dengan Faktor penting belajar melalui obserbasi adalah Perhatian,dimana siswa memperhatikan yang diberi tahukan oleh gurunya ,Representasi,perilaku siswa yang ditiru disimbolkan kedalam ingatan seperti bagaimana cara batuk , Peniruan tingkah laku model, siswa mulai memperaktekkan apa yang diperhatikannya tadi yaitu memperagakan seseorang dgn gelaja penyakit kudis , Motivasi dan penguatan,adanya semangat atau keinginan yang besar untuk melakukan modeling tersebut sehingga mampu memahaminya dan masuk ke dalam ingatan mereka.

nAH setelah tahu mengenai 2 teori pendekatan tersebut ,,, yuk mari kita bandingkan ????










A. Perbandingan Teori Pendekatan Behavioral dan Kognitif

Teori Pendekatan

Perbandingan

1. Behavioral

Pada pendekatan behavioral pada Skinner dimana dapat terlihat segala sesutau perilaku siswa di kelas dalam proses pembelajaran yang lakukan serta bisa dilihat secara langsung bukan hanya proses mental , dan cenderung apa yang dilakukan siswa dalam berperilaku maupun bertindak memiliki suatu konsekuesi yang diterimanya dari guru sehingga dapat disebutkan akan mendapatkan reinforcemet maupun punishment dalam bentuk positif maupun negative agar guru dapat mengtertibkan kelas.

2. Kognitif

Sedangkan pada pendektan kognitif pada bandura dimana Dalam model pembelajaran Bandura,faktor person (kognitif) memainkan peran penting, Pendekatan perilaku kognitf bertujuan membuat murid memonitor,mengelola dan berusaha mengubah miskonsepsi murid,memperkuat keterampilan mereka dalam mengatasi masalah,meningkatkan kontrol diri mereka dan mendorong refleksi diri kontruktif dengan mengunakan metode pembelajara Bandura modeling dan imitasi dimana guru memberikan instruksi dengan membuat model dan siswa dengan mengunakan kognitifnya mencoba untuk memperhatikan dan mencoba meniru apa yang telah diamati masuk ke dalam ingatan siswa tersebut tanpa melihat hukuman maupun penguatan.



2 komentar:

  1. bagus banget, aku suka banget sama filemnya..
    sering ak tonton sebelum ngajar les matematika ;)

    BalasHapus
  2. Di awal cerita ku kira ini semacam film kartun, ehh ternyata membicarakan matematika, pendidikan matematika, dan problem kehidupan.
    Menurutku filmnya kurang asik sih, tapi memberi pengalaman buat aku..

    jempol

    BalasHapus